5 Aturan Yang Patut Ditiru oleh Sistem Pendidikan di Nias Dari Sebuah Negara Yang Memiliki Kualitas Pendidikan Terbaik di Seluruh Dunia

0 687

Finlandia adalah sebuah negara kecil di benua Eropa. Beberapa tahun belakangan ini, negara ini cukup terkenal karena bisa menjadi negara yang mempunyai kualitas pendidikan terbaik di seluruh dunia yang mampu mengalahkan kualitas pendidikan di negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang, dll.

Seorang  warga negara Amerika Serikat yang bernama Timothy D. Walker, menulis dalam bukunya yang berjudul “TEACH LIKE FINLANDIA (MENGAJAR SEPERTI FILANDIA)” tentang pengalamannya menjadi seorang guru SD di Finlandia. Ia juga  dalam buku setebal 196 halaman ini banyak membandingkan pengalaman mengajarnya di Boston, Amerika Serikat dengan Finlandia. Secara singkat ia mengatakan pendidikan di Amerika Serikat terlampau tegang dan membuat para siswa capek.

Sama dengan Timothy, saya setelah membaca buku ini menemukan banyak perbedaan dengan sistem dan aturan pendidikan di Nias yang sangat berbeda dengan sistem pendidikan di Finlandia. Malah sistem pendidikan di Nias lebih banyak persamaan dengan sistem pendidikan di Amerika Serikat. Dibawah ini ada 5 aturan yang sudah sepatutnya ditiru oleh sistem pendidikan Nias dari negara Finlandia, yaitu :

1. Para Siswa mempunyai Pekerjaan Rumah (PR) yang sedikit
Jika di Nias, PR setiap mata pelajaran sangat banyak setiap hari atau minggu sehingga membuat para siswa tidur di atas pukul 23.00 wib. Terkadang juga membuat para siswa saling berkerjasama dan mencontek karena sangking susahnya PR yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Keadaan tersebut sangat berbeda dengan yang dialami oleh para siswa di Finlandia. Para guru mata pelajaran di Finlandia sebelum memberikan PR kepada para siswa. Mereka sudah mengukur kemampuan PR yang diberikan dapat diselesaikan beberapa hari dan para siswa dapat menyelesaikan tugas-tugas tersebut secara mandiri, tanpa bantuan dari orang lain.

2. 3 aturan yang penting diterapkan dalam kelas
Sekolah yang ada di Finlandia menerapkan 3 aturan penting di dalam kelas, yaitu: hormati diri sendiri, hormati orang lain, dan hormati lingkungan.

Dengan ketiga aturan tersebut membuat para siswa mempunyai rasa empati yang lebih besar, memiliki sudut pandang yang lebih baik, pengendalian emosi, dan kesadaran penuh.

3. Jam pelajaran yang sedikit
Salah satu yang membedakan sekolah-sekolah di Amerika Serikat dan Nias dengan Finlandia adalah jam pelajaran yang sedikit. Sekolah-sekolah di Finlandia menerapkan aturan setelah 2-3 jam pelajaran, para siswa istirahat sekitar 10-15 menit. Sambil para siswa siswa istirahat, para guru saling berdiskusi tentang pengajaran atau masalah-masalah yang dihadapi dalam kelas sambil makan-makanan ringan.

Selain itu, di Finlandia para siswa yang duduk dibangku tingkat sekolah menengah di minggu pertama pada tahun ajaran baru tidak masuk sekolah sehari penuh.

4. Guru harus berijajah Magister (S-2)
Para guru yang mengajar di paud – sekolah menegah atas di Finlandia harus bertitle magister. Sebelum para guru mengajar di sekolah, mereka diharuskan untuk belajar ilmu psikologi anak dan berbagai teori-teori pengajaran.

5. Guru dan para tenaga profesional saling berdiskusi
Di Finlandia seorang wali kelas berkumpul dengan para profesional dari sekolah-sekolah lain, kepala sekolah, perawat, pekerja sosial, psikolog, dan guru pendidikan khusus. Wali kelas menceritakan kepada para profesional tersebut tentang permasalahan yang dihadapi oleh setiap siswanya dan kemudian membahas atau mendiskusikan bersama-sama dengan para ahli tentang masalah tersebut.

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...