5 Hal Yang Mesti Kamu Perhatikan Saat Menemui Lampu Lalu Lintas di Kota Gunungsitoli

#TaatBerlaluLintas

0 620

Kota Gunungsitoli kini sudah memiliki 2 lampu lalu lintas. Satu berada di depan Bank BRI Pusat Gunungsitoli dan 1 lagi berada di persimpangan menuju SMAN 1 Gunungsitoli. Walaupun sebelumnya lampu lalu lintas sudah pernah dipasang bertahun-tahun silam yang salah satunya berada di simpang meriam, namun lampu ini rusak dikarenakan gempa yang melanda Nias pada 2005 yang lalu.

Terus gue mesti bilang “wow” gitu? Ya ga juga bro sis. Biasa aja. Tapi berikut ini ada beberapa hal yang mesti kita ketahui demi menjaga keselamatan diri pribadi dan pengguna jalan yang lain.

1. Lampu merah tandanya berhenti, bukan jalan

kaskus.co.id

Sebelum lampu lalu lintas ada di Gunungsitoli, masyarakat kota Gunungsitoli pasti sudah mengetahui cara kerja dan aturan lampu lalu lintas baik melalui televisi, buku pintar, dan lain sebagainya. Jadi perlu ditegaskan lagi kalau lampu merah itu tandanya berhenti, lampu hijau baru jalan. Anda pikir anda pembalap? Coba sesekali nonton balapan formula 1 atau moto GP. Mereka aja yang pembalap baru mulai ngebut kalau lampu udah berwarna hijau. Nah, situ?

2. Lampu merah berada di angka 0 juga artinya MASIH BERHENTI

youtube.com

Ini nih yang sering kejadian. Belum apa-apa kendaraan yang di belakang udah pake klakson-klakson segala padahal lampu belum berubah ke warna hijau. Apa berat banget ya bedakan warna merah dan hijau? Perasaan ga deh. So ayo donk, masa nunggu 2 detik aja ga sabar? Apa kamu sadar kalo 2 detik itu bisa membuat nyawa melayang lho?!

3. Lampu merah walaupun jalanan sepi itu artinya MASIH BERHENTI

klikmunadi.com

Ga di gunungsitoli ga di Jakarta, sifatnya sama aja. Coba tanya ke om-om polisi, apa kalau kendaraan sepi pas lampu merah kamu bisa nyelonong? Ya jawabannya ga bisa. Semenjak zaman Soekarno peraturannya ya emang gitu. Lagian nyelonong di lampu lalu lintas pas sedang sepi itu bahaya banget lho. Gimana kalo tiba-tiba dari arah lain ada kendaraan yang nabrak kamu gara-gara nyelonong. Trus kamu nyalahin siapa? Tiang lampu lalu lintas? Ya ga lah. Ga usa sampe niru-niru Novanto segala. Ayo donk jadi masyarakat yang taat berlalu lintas.

4. Berhenti itu tidak boleh melewati garis Zebra Cross

youtube.com

Tau Zebra Cross? Zebra Cross itu adalah garis hitam putih yang ada di persimpangan jalan yang ditujukan untuk pejalan kaki yang ingin menyebrang saat lampu merah. Kalau kamu berhenti disitu pas lampu merah, trus pejalan kakinya lewat mana? Ga mungkin kan terbang diatas kamu? Terus kalau kamu berhenti di Zebra Cross, gemana kamu bisa ngelihatin lampunya berubah ke warna hijau? Correct me if im wrong.

5. Lampu Kuning artinya HATI-HATI

automagz.net

Kalau uda diatas jam 10 malam biasanya lampu lalu lintas akan tetap berada di warna kuning sambil berkedip-kedip. Itu artinya bukan “dugem time” atau “do as your wish time”. Namun lebih tepatnya kamu harus berhati-hati karena lampu lalu lintas lagi dinonaktifkan. Sekali lagi merah artinya berhenti, kuning artinya hati-hati, hijau artinya jalan.

 

Nah, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu kita untuk memiliki tata tertib yang baik dalam berlalu lintas di Kota Gunungsitoli. Safe ride, guys!

 

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...