Laowomaru, Legenda Nias yang Diselimuti Berbagai Mitos dan Pertanyaan

0 3.666

Jika kamu berasal dari suku Nias, maka kamu pasti pernah mendengar nama Laowomaru. Nama itu seperti sudah melekat di telinga sejak masa kanak-kanak. Namun banyaknya versi cerita dan mitos yang terkait dengan legenda ini membuat orang menjadi penasaran dengan kebenaran legenda ini sebenarnya. Apa sebenarnya legenda Laowomaru itu?

Berdasarkan versi secara umum, Legenda Laowomaru bercerita tentang seorang pemuda yang dulunya tinggal di sekitar desa Fodo, kota Gunungsitoli. Lebih tepatnya Laowomaru tinggal di sebuah gua yang yang kini dinamai gua Laowomaru. Laowomaru memiliki kekuatan luar biasa yang berasal dari 9 rambut kawat yang tumbuh di kepalanya. Kekuatan dari rambut itu memberikan Laowomaru kekebalan dari senjata tajam sekaligus membengrinya kekuatan yang luar biasa. Kekuatannya itu membuat semua orang menakutinya pada saat itu. Kapal-kapal yang saat itu sering berlayar di melintasi perairan di depan guanya pun semuanya dibajak dan muatannya dirampas oleh Laowomaru. Beberapa kelompok atau kerajaan kecil pada masa itu pun mencoba memerangi Laowomaru, namun semuanya berakhir dengan kegagalan. Tidak cukup sampai disitu, Laowomaru dengan kekuatannya yang luar biasa bahkan sempat mulai mencoba “menarik” pulau Nias dan mendekatkannya ke pulau Sumatera. Sungguh kekuatan yang luar biasa!

Namun sayangnya, Laowomaru tetap memiliki kelemahan, yakni istrinya, Sihoi. Sihoi diculik dan disiksa untuk memberitahukan kelemahan Laowomaru. Sihoi pun akhirnya memberitahu bahwa Laowomaru akan melemah jika kesembilan rambut kawat yang ada di kepalanya dicabut. Alhasil rambut kawat itu berhasil dicabut oleh para musuh Laowomaru, dan Laowomaru pun tamat riwayatnya.

Nah, itulah kisah Laowomaru secara umum. Namun banyak pertanyaan yang selama ini terus menyelimuti legenda ini. Berikut Yaahowu.ID mencoba menjabarkan beberapa diantaranya

1. Ada versi lain dari Laowomaru
Beberapa sumber menyebutkan Laowomaru bukanlah orang asli Nias. Dia merupakan seseorang yang melakukan pelayaran dari daerah sulawesi dan akhirnya sampai ke Nias. Nama aslinya sendiri adalah Laubo Maros. Maros sendiri diketahui merupakan sebuah marga yang berasal dari sebuah suku di sulawesi. Namun hal ini juga sedikit aneh. Kenapa orang sulawesi harus sampai jauh-jauh berlayar ke Nias?Apalagi menyusuri laut dari Sulawesi ke Nias merupakan perjalanan panjang dan berliku-liku. Sungguh tidak masuk akal kalau Laubo Maros hanya datang ke Nias hanya untuk berlayar, ataupun tersesat sekalipun

2. Kisah Laowomaru adalah kisah tiruan?
Ini sebenarnya hanya sebuah dugaan belaka saja. Namun jika ditiilik, kisah Laowomaru hampir sama dengan kisah Simson di dalam kitab perjanjian lama umat Nasrani. Alur ceritanya pun secara umum hampir sama. Simson dan Laowomaru sama-sama memiliki rambut kawat di kepala mereka yang menjadi sumber kekuatan sekaligus kelemahan mereka. Kesamaan lainnya adalah mereka sama-sma dikhianati oleh wanita yang mereka cintai. Simson dikhianati oleh Delila sementara Laowomaru dikhianati oleh Sihoi. Apakah kisah Laowomaru hanya tiruan semata?Apalagi mengingat bahwa mayoritas masyarakat Nias menganut kepercayaan Nasrani

3. Gua Laowomaru
Banyak mitos yang menyelimuti gua ini. Mitos yang pertama mengatakan bahwa siapapun orang yang masuk ke dalam gua ini tidak akan bisa kembali lagi keluar. Mitos kedua adalah didalam gua Laowmaru terdapat ular besar yang akan menerkam siapapun yang mencoba memasuki gua itu dan mengambil harta Laowomaru. Mitos yang ketiga mengatakan bahwa gua Laowomaru terhubung dengan gua-gua lain yang ada di pulau Nias, bahkan terhubung juga dengan beberapa gua yang ada di pulau Sumatera.

Namun untuk mitos yang pertama dan kedua sekarang sepertinya sudah bisa dimentahkan oleh komunitas alam Tapak Kaki yang pernah memasuki gua Laowomaru beberapa waktu lalu. Berikut videonya:

Namun dari video ini muncul pertanyaan. Jika Legenda Laowomaru ini benar dan Laowomaru memiliki banyak harta, lalu kemanakah semua harta-harta itu?

Masih banyak mitos-mitos lainnya yang menyelimuti Legenda Laowomaru. Namun justru hal itu yang membuatnya menjadi sebuah legenda yang menggema dalam pemeikiran masyarakat Nias dan terus diperbincangkan sampai sekarang. Legenda ini tentu saja harus terus dilestarikan sebagai bagian dari kebudayaan dan cerita rakyat suku Nias.

Ngomong-ngomong, tim Yaahowu.ID berencana membuat sebuah film yang mengangkat legenda Laowomaru sebagai landasan ceritanya. Bagaimana menurutmu?Apakah kamu setuju atau tidak?Bantu kami untuk mengetahui pendapatmu dengan share atau comment pada artikel ini maupun pada video ini!

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...