Semangat Hari Kemerdekaan

0 521

Pada masa dulu, untuk memperoleh kemerdekaan, para pahlawan berjuang membasmi para penjajah. Angkat senjata sudah merupakan keharusan yang dilakukan para pahlawan. Merdeka atau mati sering didengungkan agar membakar semangat para pejuang untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Keadaan pada waktu itu sungguh mencekam. Banyak para pahlawan yang gugur di medan perang, contoh Pangeran Diponegoro, Pangeran Antasari, Sisingamangaraja XII, Cut Nyak Dien, dan yang lainnya. Mereka berjuang dengan penuh semangat untuk mencapai kemerdekaan. Hingga perjuangan mereka tercapai dengan diproklamirkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Presiden Soekarno. Peristiwa ini merupakan sejarah yang selalu diingat oleh bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan berhasil merdeka dari para penjajah.

Keberhasilan untuk memproklamirkan kemerdekaan tidak serta merta membuat bangsa Indonesia terlepas dari cengkraman para penjajah. Sejarah mencatat bahwa setelah proklamasi kemerdekaan, perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia masih tetap dilakukan hingga timbul sejarah Bandung lautan Api yang merupakan upaya yang dilakukan untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia hingga pengakuan kemerdaan Indonesia oleh Belanda dilakukan pada tanggal 27 Desember 1949.

Pada zaman sekarang masih banyak tantangan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Persoalannya adalah apakah kita sebagai generasi muda mau memikul tanggung jawab untuk terus berkarya dan berlomba untuk menjadi yang terbaik di masa yang akan datang. Hal ini masih pertanyaan dan perlu kita cermati. Kemerdekaan ini harus menjadi tanggungjawab bersama seluruh komponen bangsa Indonesia, walaupun dengan cara-cara yang berbeda. Sebuah ungkapan Jhon F kennedy menyatakan bahwa “Jangan tanyakan apa yang negara ini berikan kepadamu tapi tanyakan apa yang telah kamu berikan kepada negaramu.” Selogan yang sangat baik dan menginspirasi. Hal ini mengindikasikan bahwa kita sebagai bangsa yang besar mulai dari Aceh sampai Papua, dari Miangas sampai Pulau Rote memiliki tanggung jawab yang sama untuk memajukan bangsa Indonesia.

Kemajuan Indonesia akan terus berkembang jika seluruh bangsa Indonesia bersatu padu untuk bekerja bersama-sama untuk menciptakan sesuatu yang baru, berinovasi dan dapat bersaing dengan negara yang lain. Kemajuan memang sudah kelihatan dengan timbulnya usaha kecil yang dapat memajukan ekonomi. Pada era telekomunikasi sekarang, kita banyak mendengar tentang beberapa usaha online yang berkembang saat ini misalnya Grap, traveloka, berniaga.com, Bukalapak.com dan beberapa usaha lainnya. Hal ini merupakan segelintir usaha yang tumbuh dan berkembang di Indonesia yang tidak kalah canggih dengan industri yang ada di luar negeri.

Salah satu warisan yang kita syukuri sebagai bangsa Indonesia adalah, Banyak kekayaan alam yang melimpah di negeri ini, seperti nyanyian kolam susu, yang kurang lebih syairnya seperti ini “ bukan lautan, hanya kolam susu, kail dan jala cukup menghidupimu”. Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan yang sangat besar hampir di seluruh daerah. Dengan bahasa daerah paling banyak, budaya, adat istiadat, kekayaan alam dan potensi lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Indonesia merupakan Negara besar dan akan terus maju di masa-masa yang akan datang. Pertanyaannya, apakah kita siap memikul tanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa ini?  Mari kita renungkan bersama-sama.

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...