Anak muda yang mau berhasil, Coba dengarkan ini

0 712

Berhasil merupakan satu kata yang begitu sering kita dengar, dan hampir di seluruh pelosok dunia pun kata-kata ini sangat digemari dan disukai oleh anak muda zaman sekarang. Kata berhasil atau sering di sebut dengan sukses merupakan dambaan semua orang. Sukses di dunia kerja atau bisnis, saat ini menuntut setiap orang untuk berusaha lebih baik tanpa melihat latar belakang pendidikan ataupun dunia kerja yang sedang digelutinya. Dunia bisnis merupakan salah satunya. Dunia dimana orang-orang memperbaiki masa depannya dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia lainnya. Namun dibalik semuanya itu, masih terdapat beberapa hal yang terlewatkan ataupun terlupakan. Apakah kita mau mengetahuinya, mari kita simak bersama-sama.

1. Kritik kudengar dan saran kuterima

freepik.com

Bagian yang pertama berbicara tentang kritik. Kritik adalah satu kata yang kurang disukai oleh sebagian besar orang, karena mengandung makna perbaikan, evaluasi, penilaian yang akan dilontarkan oleh orang lain. Pada hakekatnya kritik sangat bermanfaat, jika dipahami sebagai pendorong untuk berlaku lebih baik dari yang sebelumnya. Kritik yang disertai saran yang membangun membuat orang yang mendengarnya bisa lebih maju, lebih mantap dan siap untuk berhasil kedepannya. Kritik sangat diperlukan agar kita dapat melihat dari sisi yang lain akan apa yang sedang kita lakukan.

2. Ku buka hatiku dengan hal-hal yang baru

freepik.com

Setiap pagi, dikala bangun bagi, teman-teman pasti membuka mata dan berharap dapat lebih baik lagi di hari ini. Sesaat ketika berpikir akan hal itu, kita seharusnya menyadari bahwa hari ini merupakan hari yang baru, hari dimana kita bisa melakukan hal-hal yang baru dan berbeda dari yang sebelumnya. Coba kita buka handphone kita dan melihat facebook, pasti nge klik beranda kan ??? Dari situ kita melihat bahwa kita sebagai manusia membutuhkan informasi baru, hal-hal yang baru dan perasaan yang baru, yang sifatnya tidak monoton.

Hal ini karena kita memiliki naluri rasa ingin tahu yang besar untuk sesuatu yang baru. Hal-hal yang baru akan terus bermunculan di masa sekarang, baik dalam pengetahuan, teknologi dan lain sebagainya. Penting untuk diingat bahwa hal-hal baru dapat memunculkan ide-ide yang baru, pemikiran yang baru, yang secara umum dapat meningkatkan semangat dan kreativitas sehingga potensi didalam diri dapat berkembang, sudakah kita menerima hal-hal yang baru?

3. Takut gagal, No way

funchap.com

Pengalaman merupakan Mahaguru. Baik pengalaman yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Jika sobat setuju dengan saya, bisa kita katakan keadaan yang tidak menyenangkan bisa kita sebut sebagai kegagalan. Kegagalan merupakan keadaan yang tidak menguntungkan, apalagi jika diawal sudah direncanakan, tapi akhirnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kebanyakkan kegagalan itu datang diakhir dari usaha yang sudah dilakukan, kalau datang di awal, kira-kira apa sebutannya ya. Solusi paling baik dalam menghadapi kegagalan adalah dengan menerima hal tersebut sebagai pembelajaran dan mengambil komitmen untuk berbuat lebih baik di masa yang akan datang.

4. Let’s Talk to the other

freepik.com

Membangun komunikasi sudah sejak dulu dilakukan oleh manusia, baik sebelum manusia mengenal tulisan maupun setelah mengenal tulisan. Komunikasi secara umum terdiri dari 2 yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Walaupun terkadang keduanya sering dilakukan secara bersamaan ketika berkomunikasi. Siapa pun di dunia ini akan selalu melakukan komunikasi. Contohnya ketika bertemu dengan orang baru dan memiliki kepentingan yang sama, keduanya akan saling berkomunikasi dan membangun hubungan yang baik.

Komunikasi yang baik dapat di kembangkan dan di lakukan pada setiap kesempatan dan momen yang tepat. Tujuan utama dalam melakukan komunikasi adalah membangun jaringan atau relasi.  Relasi yang baik dengan orang lain dapat memberi banyak keuntungan terutama dalam membangun kerjasama. Setiap orang pasti mempunyai teman relasi, baik rekan di kantor, rekan bisnis ataupun rekan-rekan lain di perkumpulan atau organisasi. Hubungan yang baik akan mendatangkan kesempatan besar untuk bisa berhasil kedepannya.

5. Percaya dan Dipercaya

freepik.com

Sesuai dengan lagu Shelia On 7, Percalah…. itu aku….. Sepintas sebaris lagu tersebut terlihat biasa saja, akan tetapi memiliki makna yang begitu dalam. Sehingga jika kita dengarkan lagi lagu tersebut, akan mengingatkan kita akan memori dari tahun-tahun sebelumnya. Ingatan kita pasti membayangkan orang-orang yang baik kepada kita dan mungkin juga orang-orang yang menyakiti kita. Tidak menjadi persoalan siapa kita dulunya yang terpenting adalah kita yang sekarang, yaitu pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Coba sobat bayangkan ketika dulu masih berusaha mencari dan menemukan kepercayaan dari orang lain, agak susah kan.. Percaya deh, ketika kamu dulu mengungkapkan cinta kepada orang, kira-kira dia langsung nerima nggak? Mungkin Iya mungkin Tidak kan. Hal ini juga merupakan suatu bentuk kepercayaan dari orang lain. Mengatakan kamu percaya sama aku kepada orang lain mungkin mudah, tapi untuk membuktikannya akan membutuhkan waktu yang lama dan penuh pengujian. Kesempatan besar untuk berhasil juga dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan dari orang lain. Kepercayaan dari orang lain  modal untuk bergerak lebih cepat. Tuntutan untuk bisa dipercaya dapat dikembangkan dengan cara yang sederhana yaitu dengan berlaku apa adanya dan tidak mengumbar janji yang tidak bisa dipenuhi kedepannya. Kepercayaan dari orang lain dimulai dari diri kita sendiri, percaya pada kemampuan sendiri dan berani berlaku dan berbuat yang terbaik.

Keberhasilan adalah milik semua orang yang berusaha dengan sekuat tenaga untuk berjuang dan bekerja. Dimana ada kemauan pasti ada jalan. Semua potensi dan kemampuan akan selalu ada dalam diri seseorang, tinggal bagaimana mengembangkannya. Singkatnya, Do the best.

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...