Inilah 9 Tips dalam membuat Video yang mantap jiwa

0 636

Di zaman millenial ini, banyak sekali masyarakat termasuk kaum muda yang hobi dalam membuat video, baik itu untuk hanya sekedar iseng/fun, untuk kenang-kenangan, hobi atau menggelutinya secara serius sebagai sebuah profesi. Namun meski hanya sekedar iseng sekalipun, tentu saja seseorang yang merekam atau membuat video ingin agar hasil videonya terlihat bagus. Berikut ini beberapa tips dalam membuat video agar terlihat bagus dan menarik:

1. Gunakan kamera yang memiliki fps tinggi

Khafre.us

Untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus salah satunya dibutuhkan kamera dengan kualitas yang tinggi, dengan salah satu standarnya yakni kamera yang memiliki fps yang tinggi. Apa itu fps? Fps adalah singkatan dari ”frame per second”, yang berarti frame (gambar) per detik. Video sendiri adalah gabungan dari beberapa gambar dan hal itu diukur dengan satuan fps atau berapa banyak gambar per detik yang dihasilkan oleh sebuah kamera. Salah 1 keuntungan memiliki kamera dengan fps tinggi adalah kamu dapat memperoleh efek slow motion yang smooth dalam editing tingkat lanjut. Adapun standar minimal fps untuk suatu video yang baik adalah minimal 30 fps, sedangkan untuk fps yang direkomendasikan adalah 50/60 fps

2. Gunakan kamera yang memiliki resolusi video yang tinggi

Youtube.com

Resolusi video yang biasanya dimiiki kamera adalah HD (high definition), namun ada juga yang lebih bagus yakni FHD(full HD), 2K dan 4K. Semakin tinggi resolusi video, maka semakin bagus hasil videonya. Selain itu resolusi video yang tinggi dapat membuat anda lebih leluasa berkreasi pada tahap pengeditan nantinya.

3. Gunakan pencahayaan yang baik

Wistia.com

Gunakan lighting untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik. Namun jika kamu tidak punya kocek untuk membelinya, beradaptasilah dengan pencahayaan alami seperti mataharai dan lain sebagainya. Usahakan kamera yang anda gunakan tidak berhadapan dengan arah cahaya, kecuali jika kamu memang sengaja ingin mengambil video yang terkesan kabur/gelap

4. Gunakan lensa tambahan

Wikipedia.org

Lensa tambahan membuat kameramu dapat memeperoleh kualitas gambar yang lebih baik. Namun kamu harus mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis lensa sebelum menggunakannya, karena beberapa lensa didesain untuk kondisi-kondisi tertentu. Jika kamu salah menggunakan lensa, maka hal itu akan membuat hasil video yang anda buat malah terlihat semakin buruk.

5. Belajarlah menggunakan angle yang baik

Youtube.org

Dalam melakukan perekaman video yang mantap jiwa, kamu harus tau angle-angle yang baik dan keren. Jika kamu mengambil dengan angle yang standar dan hanya menggunakan sedikit angle pada proses perekaman, maka hal itu akan membuat video yang anda buat terasa jadul. Namun kamu juga perlu menkondisikan penggunaan angle, karena terlalu banyak angle pada suatu video akan membuat video terebut menjadi lebai dan susah dimengerti.

6. Hindari agar video tidak goyang

Youtube.org

Hal ini sangat penting karena video akan terlihat jelek jika memiliki banyak goncangan atau getaran di dalamnya. Sebenarnya beberapa camcoder ataupun kamera sekarang sudah memiliki image stabilizer sendiri. Namun jika kamu tidak puas dengan fiture tersebut atau kamera yang kamu miliki tidak memiliki fitur tersebut, maka kamu dapat menggunakan tongsis ataupun tripod untuk meminimalisir getaran. Adapun jika kamu punya kocek yang cukup maka kamu bisa membeli stabilizer kamera. Namun jika kamu tidak punya uang untuk membeli hal-hal diatas maka cara yang paling murah adalah dengan menggunakan tangan sendiri. Sebelum merekam, tarik dan tahan nafas terlebih dahulu sembari menekan tombol rekam kemudian keluarkan nafas pelan-pelan. Hal itu akan sedikit mengurangi getaran yang diakibatkan oleh gerak tubuh.

7. Buat konsep terlebih dahulu

Huffington.post

Dalam merekam sebuah video, ada baiknya membuat konsep terlebih dahulu. Video yang terkonsep dengan baik membuat penonton serasa terhanyut di dalamnya dan sisi videonya pun serasa mengalir dan asik untuk diikuti. Jika video tidak memiliki konsep atau asal jadi, maka video tersebut akan terasa hambar dan tidak menarik. Pembuatan konsep juga akan menolong kamu pada saat proses perekaman video, karena dengan adanya konsep maka kamu tau adegan apa saja yang harus direkam dan dari sudut mana. Hal ini akan membuat proses perekaman lebih efisien dan lebih hemat waktu.

8. Sesuaikan editan video dengan musik

Pinterest.com

Jika anda menggunakan musik pada video sebagai background, maka pastikan musik itu sesuai dengan tema video. Selain itu, sesuaikan timing video atau potongan-potongan video dengan beat musik atau irama musik. Jika kedua hal itu tidak sesuai, maka video yang anda buat akan terkesan aneh, jadul, tak jelas dan hanya menjadi layaknya kaleidoskop, tak berarti tanpa ada makna apapun di dalamya

9. Pelajari software-software editing

Youtube.com

Hal ini sangat perlu karena mau tak mau kamu pasti melakukan editing  menggunakan software. Semakin kamu pandai dalam hal editing musik ataupun video serta dalam hal penggunaan efek-efeknya, maka semakin bagus hasil video buatanmu.

 

Bagaimana, sudah siap membuat video yang mantap jiwa?

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...