Jelang HAN dan HARGANAS, Pemkab Nias Adakan Pengobatan Gratis dan Penyuluhan Kesehatan

0 454

Bertempat di Kecamatan Bawolato tepatnya di lokasi pantai pariwisata Desa Tagaule, pengobatan gratis diadakan pada (19/10/2017) oleh Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak P2KBP2A Kabupaten Nias. Pengobatan gratis yang menggandeng OBI (Obor Berkat Indonesia) dan Puskesmas Bawolato sebagai leading point ini digelar mulai pukul 10.00 wib hingga sore hari dengan partisipan dari masyarakat setempat desa Tagaule, Sohoya, Nawalo, Na’ai dan dari desa sekitarnya. Pemilihan lokasi di Desa Tagaule, karena merupakan desa yang cukup masuk ke dalam dari jalan utama serta akses masyarakat menuju ke puskesmas terdekat cukup jauh dan kurang memadai, ungkap Ketua Panitia HAN Ernij Ch. Lase. Adapun layanan pengobatan gratis ini berupa pemasangan kontrasepsi yang pasiennya sebagian besar wanita dan jenis kontrasepsi yang diinginkan adalah jenis implan. Lainnya adalah pengobatan gratis bagi masyarakat yang mengeluhkan sakit penyakit.

Sedangkan Penyuluhan Kesehatan dilaksanakan pada waktu yang sama di aula SMPN 6 Kecamatan Bawolato yang bertempat di Desa Botohaenga, dengan partisipan siswa sekolah dan masyarakat setempat.

Dua kegiatan sehari ini merupakan rangkaian kegiatan pada perayaan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional Kabupaten Nias tahun 2017. Sebelumya pada (17/10/2017) telah diadakan Lomba Mewarnai tingkat TK dan Paud serta Lomba Pidato tingkat SMP dengan partisipan dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Nias. Pada kesempatan tersebut, utusan dari Kecamatan Idanogawo meraih juara pertama dan perwakilan dari Kecamatan Bawolato menjadi juara pertama pada lomba pidato.

Adapun puncak perayaan akan dilaksanakan pada (24/10/2017) bertempat di Balai Desa Tetehosi Kecamatan Idanogawo.

Pelaksanaan kegiatan perayaan HAN dan HARGANAS Kabupaten Nias tahun 2017 yang mengusung tema nasional “Perlindungan Anak dimulai dari Keluarga” ini didukung oleh dan melibatkan lembaga mitra, NGO / LSM lokal yang ada di Kabupaten Nias semisal WVI, PKPA Nias, OBI, Surfaid, RRI Gunungsitoli dan lembaga mitra lainnya. <zen>

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...