Menyuarakan Hak Partisipasinya, Forum Anak Nias Utara Bertemu dengan Pemkab Nias Utara

0 491

Rabu (09/08/2017) Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P2AP2KB) menerima kedatangan Forum Anak Nias Utara (FANIRA) yang selama ini kegiatannya didampingi PKPA Nias dan WVI (Wahana Visi Indonesia) untuk beraudiensi. Audiensi yang dilakukan terkait kegiatan Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) di wilayah Nias Utara.

Dalam pertemuan tersebut, FANIRA yang diwakili oleh Viktor Wyraman Zega juga menyampaikan kepada Pemkab bahwa FANIRA akan melakukan regenerasi kepengurusan forum anak yang baru.

“Kepengurusan yang baru periode 2017 – 2019 karena ada beberapa anggota dan pengurus yang memang sudah bukan usia anak lagi dan telah melanjutkan pendidikan di luar Nias. Kegiatan HAN juga menjadi momentum untuk penguatan forum anak, baik dari pemerintah sendiri maupun dari lembaga yang terbeban untuk mendampingi forum anak semisal PKPA dan WVI” Ungkap Viktor.

Perayaan HAN Nias Utara tersebut akan dilaksanakan di Aula Serbaguna St. Fransiskus Asisi Onodao’o Kecamatan Tuhemberua pada tanggal 23 hingga 25 Agustus 2017 yang akan melibatkan utusan perwakilan anak-anak dari 11 kecamatan di Nias Utara.

Kadis P2AP2KB Nias Utara yang baru Marieli Harefa, didampingi sekdisnya sangat mengapresiasi kedatangan FANIRA dalam rangka menyampaikan aspirasinya tentang kegiatan HAN yang akan datang tersebut. Kegiatan hari itu juga menjadi agenda perkenalan FANIRA dengan dirinya.

“Pada prinsipnya kami mendukung kegiatan kepanitiaan HAN ini, dan akan mencoba membuat anggaran untuk kegiatan perayaan HAN dan forum anak hingga tahun 2018, serta kami akan memfasilitasi FANIRA untuk beraudiensi dengan Pak Bupati dalam waktu dekat ini. Kami juga sangat senang PKPA dan WVI mau mendampingi anak-anak dan kegiatan HAN tahun ini merupakan kepanitiaan bersama Pemkab, PKPA Nias dan WVI” terang Mareli.

Sementara itu, Rido Favorit Saronitehe Waruwu Staf Pendamping Anak PKPA Nias ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa ia sangat mengharapkan pelaksanaan HAN ini dapat dilaksanakan di tanggal 23 hingga 25 ini karena sebenarnya HAN jatuh pada 23 Juli lalu.

“Berharap ke depannya HAN menjadi agenda rutin pemerintah, dan mendapatkan alokasi dana dari pemerintah. Selanjutnya, kita berharap anak-anak forum yang terbentuk melalui momentum HAN tahun ini benar-benar difasilitasi oleh pemerintah Nias Utara” imbuhnya.

Penulis :  Zen
Editor   : Febriwan Harefa

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...