Regenerasi Forum Anak Nias Utara

0 728

Aula Serbaguna St. Fransiskus Asisi Onodao’o Kecamatan Tuhemberua terlihat dipadati peserta dari 11 kecamatan di Nias Utara (23-25/8/2017). Sebanyak 62 perwakilan anak mengikuti Pertemuan Forum Anak Nias Utara (FANIRA) yang dimulai malam itu (23/8/2017). Adapun agenda pertemuan tersebut untuk merayakan Hari Anak Nasional (HAN) di lingkungan Kabupaten Nias Utara dan regenerasi pengurus FANIRA untuk periode 2017 – 2019.

FANIRA sebagai forum anak dari kabupaten dengan slogan Tafaeri tersebut telah dikukuhkan pemerintah sejak 2015. Pendampingan rutin forum dilakukan oleh PKPA Nias dan juga WVI, sehingga Perayaan HAN tahun ini selain melibatkan unsur pemkab dalam hal ini Dinas P2AP2KB, juga merupakan kerjasama antara PKPA Nias dan WVI sebagai lembaga pendamping forum.

Kegiatan yang dihadiri oleh ASN Dinas P2AP2KB, Kadis Kesehatan, Camat Tuhemberua serta perwakilan dari setiap SKPD Nias Utara tersebut, diisi dengan materi penguatan hak anak berupa Konvensi Hak Anak (KHA) dan peningkatan hak partisipasi anak melalui kegiatan outbond serta pemilihan pengurus baru forum.

“Awalnya saya merasa malu berada di antara teman-teman yang banyak dan tidak saya kenal. Tetapi lama-lama setelah saya menyalami mereka, saya menjadi terbiasa.” Ungkap Jun Albert Lase, seorang peserta kegiatan.

“Saya berharap dapat menjadi pengurus FANIRA, tapi ternyata saya tidak terpilih, ya sudah tidak apa-apa, masih ada waktu ke depan untuk memimpin.” Lanjutnya sambil berharap ia akan dapat bertemu lagi dengan teman-temannya tersebut di lain waktu.

Sementara itu, Bupati Nias Utara dalam sambutannya pada malam pengukuhan yang dibacakan oleh Plt. Sekda Jhonny Efendi, SH.MAP mengatakan bahwa sesuai dengan Tema Hari Anak Nasional “Perlindungan Anak Dimulai Dari Keluarga” dengan pesan utama “Saya Anak Indonesia, Saya Gembira”, untuk itu perlu kita sadari bahwa dengan Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Nias Utara tahun 2017 pemerintah dan pemangku kepentingan mengemban Visi Misi yang penting dan strategis dalam meningkatkan Hak Azasi dan kehormatan terhadap anak-anak di Indonesia khususnya di Kabupaten Nias Utara serta meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa anak-anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan Bangsa.

“Jauhkan hal-hal yang merusak seperti rokok, narkoba, mengejek dam merundung teman dan bermusuhan, hormatilah orang tua dan tetap andalkan Tuhan yang membimbing dan melindungi, semoga menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.” Tambahnya.

Adapun regenerasi dan pemilihan pengurus FANIRA yang baru dilakukan dengan sistem demokratis, dimana adanya rangkaian kegiatan dimulai oleh presidium sidang, pengurus dinyatakan demisioner, pelaporan pengurus lama dan pemilihan pengurus baru serta acara pengukuhan oleh Sekda.

Berikut Nama-nama pengurus Fanira periode 2017-2019 :
Ketua : Widerman Zega
Wakil Ketua : Nyataniat H. Gea
Sekretaris : Yana Martianus Harefa
Wakil Sekretaris : Iman Priadi Lahagu
Bendahara : Srinovita Zega
Koordinator Bidang Advokasi : Desman Faeri Harefa

Anggota :
1.Theo Retno Putra Zega
2.Tripaskah Dewi Gea
3.Viktor Wyrawan Zega

Koordinator Bidang Pelayanan : Lenci Asdeby Zalukhu

Anggota  :
1. Candiawan Telaumbanua
2. Marisenangi Zendrato
3. Deniria Harefa

Koordinator Bidang Media Komunikasi : Rundingone H. Gea

Anggota :
1. Kristofer Harefa
2. Karyawati Zega
3. Gloryanis V. Lase

“Peran penting sebuah forum anak adalah menjadi wadah partisipasi anak. Pengalaman yang berkesan bagi saya selama menjadi ketua forum adalah bagaimana cara memimpin serta menggerakkan kegiatan organisasi dengan baik. Saya berharap FANIRA menjadi forum anak yang kreatif, mandiri, dan inovatif. Semoga pemerintah juga terus memperhatikan FANIRA dan segala janji-janji yang telah diberikan kepada FANIRA boleh ditepati.” Ujar Ketua FANIRA lama Viktor Wyrawan Zega dalam sesi penyerahan kepengurusan baru tersebut.

Bagi teman-teman di Nias Utara yang ingin bergabung dalam forum anak FANIRA, silakan menghubungi Dinas P2AP2KB dan pengurus yang tertera. <zen>

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...