Sinematografi dari Gazebo

0 1.000

FAKOLI, Forum Anak Kota Gunungsitoli, mendapatkan pelatihan dasar tentang sinematografi  (19 – 20/08/2017) difasilitasi oleh PKPA Nias. Kegiatan belajar teori dan praktek perfilman, penggunaan kamera dan penyutradaraan ini diadakan di aula pertemuan FAKOLI, Gazebo PKPA Nias.

Forum anak FAKOLI adalah sebuah organisasi anak di Kota Gunungsitoli yang pada 2014 mendapatkan pengesahan  Walikota Gunungsitoli melalui Surat Keputusan  Nomor 411.1 – 232. Lantas pada 2017 ini setelah regenerasi pengurus dan anggota forum, FAKOLI kembali disahkan melalui SK Walikota tertanggal 19 Juni 2017. Dengan demikian kegiatan FAKOLI mendapat dukungan dari Pemko melalui Dinas P5A  (Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kota Gunungsitoli.

Saat ini, kepengurusan diketuai oleh Tania Peristanti Putri Ziliwu, seorang pelajar dari SMA Negeri 3 Gunungsitoli. FAKOLI sebagai wadah anak-anak untuk beraspirasi dan mengekspresikan diri, merupakan kumpulan anak-anak dari berbagai sekolah dan komunitas di Kota Gunungsitoli yang telah banyak mengukir prestasi di berbagai ajang. Kegiatan FAKOLI teranyar yang didanai dan didukung oleh PEMKO (Pemerintah Kota) adalah pemberangkatan untuk mengikuti Jambore Anak Sumatra Utara,  kegiatan Forum Anak Daerah Sumatra Utara serta perayaan Hari Anak Nasional pada bulan Juli lalu. Sedangkan untuk teknis kegiatan dan pendampingan, Dinas P5A bekerjasama dengan PKPA Nias dalam penguatan forum anak tersebut.

“Hal yang berkesan, ketika kami ditugaskan untuk membuat film dalam kelompok. Dari sana muncul rasa kekompakkan, dan pembagian tugas. Saya sangat tertarik untuk menjadi seorang editor.” Ungkap Jeremi Fahela Zebua, siswa SMA Pembda 1 Gunungsitoli.

“Kegiatan forum seperti ini sangat menyenangkan, selain membantu kami beraktifitas, juga membuat kami dapat bertukar pengalaman dan lebih partisipatif” terangnya lebih lanjut.

Sedangkan menurut Rido Waruwu, pendamping FAKOLI mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan pelatihan ini, agar anak-anak forum dapat menyampaikan aspirasinya dalam bentuk film, yang nantinya dapat digunakan untuk sosialisasi hak anak kepada komunitas lain, bahkan untuk ikut di ajang festival film.

“Materi yang disampaikan terkait asah imajinasi dan kreatifitas, agar anak-anak mampu mengembangkan ide menjadi sebuah cerita dalam bentuk audio visual. Peralatan yang digunakan sepenuhnya disediakan oleh PKPA Nias.” Jelasnya.

“Tahun 2014, FAKOLI pernah mendapat kejuaraan pada Festival Film Anak (FFA) Sumatra Utara sebagai pemenang kedua film fiksi dengan judul “Kutitipkan Mimpiku Padamu”.Dan Aktor terbaik saat itu dianugerahkan pada Tri Aldi Zendrato. Tahun 2015 mereka menjadi juara I film fiksi “Ku Bisa Jadi Pemimpin” dan juga terpilih sebagai sutradara terbaik atas nama Benvan Eliezer Lombu dan Editor terbaik Angelita Gea. Terakhir, film fiksi dengan judul “I’m Sofu : Never Game Over” menyabet juara ketiga pada FFA 2016. Anak-anak Nias khususnya Kota Gunungsitoli sebenarnya punya potensi yang tidak kalah saing dengan anak-anak di daerah lain. Hanya perlu memupuk kreatifitas, jeli mengambil kesempatan dan belajar tekun.” Tambah Rido.

Sementara itu, Andima Ferdinan Zebua, seorang di antara peserta mengatakan bahwa ia sangat berminat menjadi cameramen.

“Akhirnya, harapan saya untuk menggunakan camcorder professional terwujud. Hal yang baru bagi saya mengetahui teknik penggunaan kamera, pencahayaan, dan teknik lainnya. Bangga, karena dua hari ini kami dapat memproduksi sebuah film pendek, judulnya “Si Alan”. Imbuhnya.

Untuk teman-teman di Kota Gunungsitoli yang ingin terlibat dalam kegiatan Forum Anak FAKOLI, silakan datang dan mendapatkan informasi di Gazebo, beralamat di PKPA Nias, Jalan Taman Makam Pahlawan No. 1 Desa Mudik , Gunungsitoli. Nomor kontak yang bisa dihubungi , Staf Pendamping Anak Rido Waruwu (0853 5817 7770) atau PKPA Nias (0813 7054 2009). <zen>

 

 

 

Be Smart, Read More Artikel dari Penulis

Comments

Loading...