Kecantikan dan Keunikan Pantai Tureloto di Kepulauan Nias

0 30

Sekilas tentang Kepulauan Nias yang Mengagumkan

Bertempat di Indonesia, Kepulauan Nias adalah permata yang berkilau di mata wisatawan dengan setiap tahun menarik jumlah pengunjung yang lebih banyak. Salah satu penarik utama pengunjung ialah pantai-pantainya yang menakjubkan, antara lain Pantai Tureloto. Pantai ini berada di Desa Balefadorotuho di wilayah Kecamatan Lahewa. Menurut cerita penduduk lokal, Pantai Tureloto mendapat perhatian karena keindahan alamnya yang masih asli dan air lautnya yang belum terkontaminasi. Ini menjadikannya titik populasi bagi wisatawan yang mencari tempat untuk piknik, relaksasi, bermain air, dan fotografi. Lalu apa yang membuat Pantai Tureloto berbeda?

 

Kecantikan dan Keunikan Pantai Tureloto di Kepulauan Nias

Keunikan Pantai Tureloto

Dibandingkan pantai lainnya, Tureloto menawarkan nuansa berbeda yang dibedakan oleh kurangnya wilayah berpasir. Sebagai gantinya, pantai ini dihiasi dengan keindahan karang yang tersebar di sepanjang tepiannya. Selain itu, pantai ini memiliki kemiringan yang ringan, membuatnya tampak lebih mempesona dan menjadi tempat yang aman untuk berenang. Pantainya dipenuhi dengan pasir halus, dan berpadu dengan air laut membentuk warna biru muda kekrem. Di lokasi tersebut, ombaknya juga wajar dan kecil, memberikan atmosfer yang tenang. Ada juga fasilitas berupa gubuk kecil yang menghadap laut, yang menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk bersantai, menikmati pemandangan, atau hanya sekedar berjalan-jalan. Selain itu, wisatawan umumnya terpesona dengan hembusan angin yang cukup kuat.

 

Kecantikan dan Keunikan Pantai Tureloto di Kepulauan Nias

Kenikmatan Eksplorasi di Pantai Tureloto

Salah satu daya tarik utama Pantai Tureloto adalah pemandangan laut yang luar biasa. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, yang terkenal dengan anginnya yang kuat dan ombaknya yang besar. Namun, keberadaan terumbu karang di sepanjang pesisir pantai membuat ombak relatif kecil di pinggir pantai, menjadikan suasana di sana tampak sangat damai. Selain keindahan laut, wisatawan juga akan disambut oleh eksotisme pantai berpasir putih. Faktanya, daerah berpasir tersebut tidak terlalu luas dan kurang dirancang untuk bermain-main. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan gubuk yang tersedia untuk kegiatan tersebut.

Rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Tureloto adalah pada siang hari ketika sinar matahari diterangi secara indah dan mencerminkan permukaan air laut dan pasir putih. Pada saat ini, terumbu karang juga dapat dilihat dengan sangat jelas. Terumbu karang ini tampak berbeda-beda, dengan beberapa di antaranya bentuknya mirip dengan otak manusia dan dikenal penduduk lokal sebagai Batu Otak.

 

Kecantikan dan Keunikan Pantai Tureloto di Kepulauan Nias

Perjalanan Menuju Pantai Tureloto

Dari Kota Gido – ibu kota Kabupaten Kepulauan Nias -perjalanan ke Pantai Tureloto memakan waktu antara 2 sampai 3 jam, dengan jarak sekitar 88,5 kilometer. Anda juga bisa melakukan perjalanan melalui Raya Pelud Binaka. Alternatif lainnya adalah datang dari Kota Gunung Sitoli, yang jaraknya sekitar 80 kilometer dari Pantai Tureloto. Setelah sampai di Kecamatan Lahewa, tujuan akhir Anda adalah Desa Balefadorotuho.

80%
Awesome
  • Design
Leave A Reply

Your email address will not be published.